Belajar kepenulisan, PMII Rayon Ekonomi adakan diskusi dengan tema : Trik menyajikan gagasan dalam artikel yang menarik


Sabtu,(6/11/2021) Lembaga Kajian dan Jurnalistik (eLKJ) Rayon Ekonomi Komisariat UIN Walisongo Semarang telah mengadakan diskusi kepenulisan yang bertempat di Gedung Serbaguna belakang markas rayon Beringin Putih dengan mengusung tema ”Trik menyajikan gagasan dalam artikel yang menarik”. Sahabat Ahyar Manarul H sebagai pemantik dan juga merupakan Demisioner Ketua LKP PMII Rayon Ekonomi UIN Walisongo periode 2018/2019).

Tujuan diadakannya Diskusi kepenulisan yaitu sebagai bekal untuk Pengurus maupun mahasiswa baru Rayon Ekonomi dalam memahami  artikel, mulai dari definisinya sampai trik menulis artikel yang baik. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat membuat artikel yang baik dan benar. Tulisan-tulisan mereka nantinya akan dikirim ke website rayon guna menambah pengetahuan para kader.

“Artikel merupakan tulisan pendek dengan panjang tertentu yang dipublikasikan melalui media cetak maupun online  sebagai informasi edukasi dan hiburan. Kerangka menulis artikel diantaranya Judul, lead, isi dan penutup,” Ujar Sahabat Ahyar selaku pemantik

Sahabat Ahyar menjelaskan kerangka artikel ada tiga yaitu lead, isi, dan penutup. Dan juga menambahkan bahwa tujuan mencantumkan lead/pendahuluan untuk menggambarkan kondisi umum yang melatarbelakangi apa yang akan kita tulis. Sehingga hal ini menarik perhatian pembaca untuk membaca artikel sampai selesai.

Sahabat Ahyar menambahkan, ”dalam menulis artikel ada trik menulis artikel yang menarik diantaranya menggunakan kalimat aktif, mencari gagasan sesuai keinginan kita, menggunakan gaya bahasa yang sesuai EYD, sudut pandang dan relevansi”.

Diskusi ini berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan peserta diharuskan mengeksekusikan langsung latihan menulis artikel sesuai dengan ketentuan penulisan artikel yang sudah dijelaskan sahabat Ahyar. Dengan harapan artikel yang ditulis bisa dilanjutkan dan dapat menjadi bekal atau gambaran mengenai kepenulisannya agar nantinya dapat dipost melalui website rayon ekonomi.

Sebagai penutup acara, sahabat Ahyar mengungkapkan bahwa dalam belajar menulis kita harus langsung mengaplikasikan untuk menulis. Dengan diadakannya diskusi ini, harapannya yaitu sebagai langkah awal para kader berlatih menulis karya. Segala karya apapun jangan takut karya nya jelek. Yang terpenting adalah harus konsisten dan selesai. {Refi agustina dan Gani Cahyani}

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *