Uncategorized Jalan-Jalannya Libur Dulu, Ya… Saatnya Kamu Traveling dengan Hati

Jalan-Jalannya Libur Dulu, Ya… Saatnya Kamu Traveling dengan Hati

Suara.com – Masih ingatkah jalan-jalanterakhirmu di Nusantara? Kemana kamu melangkah? Bali, Yogyakarta, Labuan Bajo, Papua, Ambon, Aceh, atau kemana? Indah pastinya. Itulah Indonesia!

Rasanya sudah lama, ya. Sekarang kondisinya berbeda. Jangankan jalan-jalan menjelajah Nusantara, sekadar berjumpa teman atau kerabat saja kini rasanya menjadi sesuatu yang mewah.

Dan kini saatnya kita mengenang kembali, bagian Indonesia mana saja yang sudah pernah kita singgahi dan pernah kita datangi? Apa saja oleh-oleh yang pernah kita beli untuk teman dan untuk orang-orang tersayang? Apa saja suvenir yang masih terpajang di rumah, menghias dinding kamar, atau dipajang di atas meja kerja?

Apakah semua itu masih ada? Apakah kenangan itu masih lekat?

Sahabat, yakinlah kita akan kembali ke sana, menyusuri kenangan bersama orang-orang terdekat, teman, sahabat, dan saudara. Tapi sekarang, saatnya kita traveling bersama hati, mempertajam solidaritas dan mengasah kepekaan kemanusiaan.

Sahabat, di sudut Nusantara sana, masih ada kenangan kita, masih ada jejak kaki kita, masih tertinggal separuh hati di tempat yang kita datangi, entah di Kuta, di Mangunan Negri di Atas Awan, di Mandalika, di Labuan Bajo nan memesona, di Lodge Maribaya, atau di Tomohon.

Masih terasa lezatnya kuliner nusantara, gudeg, mi ongklok, ikan Mak Beng, ayam Betutu, ikan di seputaran Pantai Losari, dan bebek Sanjay di Madura. Masih terbayang kita menyesal saat itu tidak beli kain-kain batik indah di Trusmi, songket di Padang, kerajinan perak Kotagede, atau sekedar gantungan kunci bertuliskan Laskar Pelangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *