JANGAN TAKUT UNTUK MEMULAI INVESTASI DI PASAR MODAL, APA SI PASAR MODAL ?

Definisi Pasar Modal

Pasar modal secara umum adalah suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk dalamnya terdapat Bank komersil dan semua Lembaga perantara dibidang keuangan, dan surat berharga. Pasar modal dalam arti sempit adalah suatu pasar (tempat) yang digunakan untuk memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan semua jenis surat berharga lainnya yang dilakukan melalui perusahaan efek. Jadi dapat disimpulkan pasar modal adalah tempat penawaran dan penjualan surat berharga.

Tujuan Pasar Modal

Adanya pasar modal ini memberikan solusi bagi suatu negara untuk mendapatkan modal yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian negara baik untuk memperbaiki teknologi, memperbaiki infrastruktur, maupun pertumbuhan ekonomi. Maka dalam hal ini pasar modal mempunyai peran penting untuk membantu pertumbuhan di suatu negara. Hampir semua negara mempunyai pasar modal yang bertujuan untuk memenuhi permintaan dan penawaran modal.

Peran Pasar Modal Disuatu Negara

Pasar modal mempunyai peranan penting pada suatu negara. Diantaranya sebagai berikut :

1. Sebagai fasilitas melakukan interaksi antara penjual dan pembeli untuk menentukan harga saham atau surat berharga yang diperjualbelikan.

2. Memberikan kesempatan para pemodal untuk menentukan hasil (retrun) yang diharapkan.

3. Memberikan investor untuk menjual Kembali saham yang dimiliki atau surat berharga lainnya.

4. Memberikan kesempatan masyarakat untuk berpartisipasi dalam perkembangan suatu perekonomian.

5. Pasar modal mengurangi biaya informasi dan transaksi surat berharga.

Lima peranan di atas menggambarkan peran penting pasar modal pada aspek ekonomi mikro yang fokus pada para pelaku pasar modal.

Peran Pasar Modal Dalam Ekonomi Makro

Dalam peran yang lebih luas atau sekalanya ekonomi makro juga memiliki peranan penting. Diantara peranan penting pasar modal dalam ekonomi makro adalah sebagai berikut :

1. Fungsi tabungan

Nilai mata uang cenderung akan turun dimasa yang akan datang, untuk menghindari itu masyarakat dapat menginvetasikan uangnya ke pasar modal.

2. Fungsi kekayaan

Pasar modal dapat dijadikan tempaat untuk menyimpan kekayaan baik jangka Panjang maupun jangka pendek samapai kekayaan tersebut dibutuhkan Kembali.

3. Fungsi likuiditas

Kekayaan yang disimpan dipasar modal dapat di likuiditas dengan resiko yang relative rendah dibandingkan dengan aktiva prosesnya juga lebih mudah dan murah dengan kata lain pasar modal adalah ready market untuk melayani pemenuhan layanan likuditas.

4. Fungsi pinjaman (credit function)

Pasar modal dalam perekonomian negara sebagai sumber pembiayaan pembangunan dari pinjaman yang dihimpun dari masyarakat. (Abdillah Nurul Bahri)

Sumber : Buku pengantar pengetahuan pasar modal (Sunariyah, SE.M.Si)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.