Launcing Logo dan Nama Angkatan “Makna Sebuah Nama dan Logo Angkatan, GARUDHAYEKSA”

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat, nikmat, taufik, hidayah, serta inayahnya kepada kita semua, sehingga atas izin-Nya, Almapaba Garudhayeksa senantiasa diberi kemudahan dalam mencetuskan nama angkatan dan launcing logo Garudhayeksa. Tak lupa sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada baginda Rasulullah SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan hingga zaman yang penuh keberkahan ini. Dan tak lupa sahabat-sahabati Garudhayeksa dan jajaran pengurus maupun senior PMII Rayon Ekonomi Komisariat UIN Walisongo Semarang yang semoga senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Garudhayeksa adalah sebuah nama angkatan almapaba 2020 PMII Rayon Ekonomi. Garudhayeksa merupakan salah satu opsi dari beberapa nama angkatan yang diusulkan oleh sahabat-sahabati almapaba 2020 PMII Rayon Ekonomi. Setelah didiskusikan dalam sebuah forum pemilihan nama angkatan, akhirnya nama Garudhayeksa terpilih secara demokratis menjadi nama angkatan almapaba 2020 PMII Rayon Ekonomi. Dan pada tanggal 04 April 2021 tepat setelah acara Movement Adventure, dilanjut dengan tasyakuran nama angkatan Garudhayeksa sekaligus peresmian nama angkatan di Klenting Kuning Sumowono Semarang.

Nama Garudhayeksa diambil dari tokoh pewayangan Jawa, yaitu seorang patih utusan Raja Dasalengkara yang berjiwa pemberani, bertanggung jawab, dan loyal terhadap kerajaannya. Pemberian nama Gharudayeksa juga disertai dengan harapan bahwa angkatan 2020 PMII Rayon Ekonomi bisa menjadikan sifat Patih Garudhayeksa sebagai contoh dalam bergerak.

Selain pemberian nama dengan harapan terhadap angkatan 2020 PMII Remi, pencetusan nama angkatan juga tidak lepas dari filosofi nama Garudhayeksa itu sendiri. Filosofi nama Garudhayeksa yaitu, didasarkan pada nama Garudha yang identic dengan landasan dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila yang menekankan pada 5 sila dan Bhineka Tunggan Ika yang termuat dalam pancasila itu sendiri. Dimana setiap angkatan 2020 PMII Remi harus menerapkan pancasila di dalam jiwa yang dihafal melalui kepala lalu diturunkan ke hati dan diamalkan dengan perbuatan nyata. Selain dari 5 sila tersebut pemahaman dan pengamalan akan Bhineka Tunggal Ika juga sangat ditekankan kepada angkatan 2020 PMII Remi. Sedangkan Yeksa sendiri berarti makhluk dari khayangan yang menjaga kesuburan dan kesejahteraan. Artinya, semua angkatan 2020 PMII Remi untuk bisa menumbuh suburkan segala pemikiran positif dan perbuatan di dalam satu wadah PMII Remi. Sehingga dapat mensejahterakan rayon untuk kedepannya.

Tepat setelah satu bulan dari tasyakuran dan peresmian nama angkatan, pada tanggal 04 Mei 2021 dicetuskanlah logo Gharudayeksa yang menjadi symbol pergerakan Garudhayeksa. Pencetusan logo Garudhayeksa juga melalui pemilihan yang demokratis dari beberapa opsi design dan filosofi yang diusulkan. Berikut merupakan logo yang disepakati bersama dengan filosofinya :

Dengan diluncurkannya nama angkatan dan logo tersebut diharapkan sahabat-sahabati Garudhayeksa dapat selalu rekat dan membersamai dalam setiap proses. Senantiasa bersatu pada tekad dan bersama dalam proses untuk menuju ruang kesuksesan dalam menggapai cita dan cinta. Selalu mengingat dan mengamalkan akan tujuan dan filosofi pada nama angkatan maupun logo dari Garudhayeksa. Selain itu, diharapkan Almapaba Garudhayeksa dapat mengamalkan nilai-nilai yang sudah diajarkan oleh PMII dan bisa diamalkan dalam ber-PMII dan kehidupan sehari-hari. Semoga jaya selalu Garudhayeksa. Tangan terkepal dan maju kemuka, SALAM PERGERAKAN!!

Thanks to Allah SWT, Sahabat-Sahabati Garudhayeksa, Sahabat-Sahabati pengurus PMII Remi beserta senior-senior yang sudah dulu berproses yang mungkin tidak bisa disebutkan satu persatu. Semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT. AAMIIN.

Pencetus Nama Angkatan Garudhayeksa : Soya Angga Arifin Nuha

Pencetus Logo Garudhayeksa : Iqbal Alaik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *