Makalah Bukan Lagi Masalah

Diskusi yang diadakan pada Jumat, 19 Februari 2021 pukul 19.30 WIB ini membahas tentang cara penulisan makalah yang baik dan benar sesuai pedoman pembuatana makalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Fita Nurotul Faizah sebagai pemateri serta dosen FEBI pada diskusi kali ini. Adapun hasil dari diskusi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kura-Kura (Kuliah Rapat)
    Mahasiswa dengan tipe ini biasanya adalah seorang aktivi. Selain berkesibukan di dunia kampus ia juga memiliki kesibukan pada organisasinya, jadi tak heran jika tipe mahasiswa ini disebut sebagai mahasiswa kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat) karena kesibukannya kalau tidak kuliah adalah rapat.
  2. Kupu-Kupu (Kuliah Pulang)
    Tipe mahasiswa ini umumnya hanya ada ketika kuliah secara luring.
  3. Kunang-Kunang (Kuliah Nangkring)
  4. Kuman-Kuman (Kuliah Main)
  5. Kuda-Kuda (Kuliah Dagang)
    Mahasiswa dengan tipe seperti ini dapat kita jumpai saat kuliah daring maupun luring.

Setiap jenjang pendidikan tentunya memiliki persamaan yakni adanya tugas. Perbedaannya mungkin saat masih SMA dalam mengerjakan tugas hanya sekedar copy-paste. Akan tetapi saat sudah masuk dunia perkuliahan hal itu sudah seharusnya tidak dilakukan serta dalam pengerjaannya tidak mengulur-ulur waktu (kejar deadline). Seorang siswa yang sudah berubah statusnya menjadi mahasiswa seharusnya menyadari akan tugasnya, namun pada kenyataannya banyak yang belum menyadari akan tugasnya dan merasa bodoamat (terserah) dan mereka seringkali menuntut akan haknya namun lupa dalam mengerjakan kewajibannya.

Dengan adanya pelatihan pembuatan makalah ini pemateri berharap oknum yang sering menggunakan jasa pengerjaan tugas (joki) baik makalah, tesis, disertasi dan skripsi akan terhapuskan. Dalam menulis seringkali seseorang mengalami kesulitan dikarenakan kurangnya sosialisasi serta interaksi dan circle yang kurang memadai dalam hal penulisan.C

Cara menulis dengan mudah adalah dengan cara menciptakan sebuah ide. Untuk mendapatkan sebuah ide tersebut perlu adanya rencana A, B, C atau D. dengan adanya rencana menulis maka jalur apapun akan mudah ditempuh. Bentuk dari rencana tersebut bisa seperti peta atau pohon.M

Makalah merupakan suatu karya ilmiah, adapun karya ilmiah adalah karya akademik yang bersifat empiris-objektif sesuai keadaan, dimana dalam isinya dapat menguraikan sebuah permasalahan guna mendapat pembahasan lebih lanjut.

Jenis-jenis makalah :

  • Deduktif: berupa kajian teoritik dan analisis.
  • Induktif: berdasarkan data empiris objektif, observasi atau fenomena disekitar.
  • Campuran: perpaduan antara deduktif dan induktif.

Ciri umum makalah:

  • Akurat dan menyeluruh.
  • Memiliki sumber informasi yang baik (referensi sumber yang dikutip).
  • Kreatif yakni dapat berupa analisa dari sebuah teori.
  • Memiliki teknisi penulisan yang benar. Dalam menulis sebuah makalah bahasa yang digunakan adalah bahasa baku sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

Hal-hal yang perlu dihindari dalam menulis makalah:

  • Bertele-tele dalam menggunakan pedoman penulisan.
  • Menggunakan bahasa non-formal.
  • Deskripsi tanpa analisa.
  • Tidak mengutip sumber yang telah diambil.

Bagian-bagian dari makalah:

  • Awal
    Sampul depan (cover) biasanya berisi judul makalah, disusun guna memenuhi tugas…, mata kuliah…, dosen pengampu…, selajutnya logo, disusun oleh, nama fakultas, nama instansi dan tahun.
    Kata pengantar, berisi ucapan syukur.
    Daftar isi.
    Daftar tabel dan gambar (disesuaikan dengan makalah yang dibuat).
  • Inti
    Pendahuluan
    latar belakang (maksimal 1 halaman).
    Rumusan masalah, berisi tentang berapa rumusan masalah yang dibahas pada makalah ini.
    Tujuan pembahasan, berisi tentang jawaban dari rumusan masalah.
    Pembahasan
  • Penutup
    Berisi kesimpulan yang memuat jawaban dari rumusan masalah dan saran.i

Catatan:
Untuk footnote. Dalam mengutip dan mem-parafrase kalimat akan tetap diberi footnote. Pembuatan footnote disesuaikan dengan pedoman yang berlaku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *