Menyusuri kota lama Semarang yang populer dan bersejarah

Kota lama Semarang merupakan kota yang hampir setiap hari di Kunjungi oleh banyak orang dari berbagai macam daerah maupun negara. Banyak orang yang mengunjungi kota lama ini dikarenakan banyak gedung gedung yang kuno, karena kota lama ini sudah rame pada sekitar abad ke-17.Kawasan Kota Lama Semarang dahulu disebut juga Oudestadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare. Dilihat dari kondisi geografi, tampak bahwa kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga tampak seperti kota tersendiri dengan julukan “Little Netherland”.

Di kawasan ini, terdapat banyak ikon-ikon Kota Semarang yang terkenal seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun dan lain sebagainya yang mempunyai gaya khas Eropa masa lalu.Tak hanya bangunan bangunan yang berbentuk kuno juga di kota lama juga terdapat fasilitas fasilitas yang lengkap seperti toilet, mushola, spot foto, kafe, restoran dan masih banyak lagi.

kota lama juga terdapat gedung gedung yang bersejarah seperti Monod Diephuis, Gereja Blendhuk, Jembatan Berok, Jalan Empu Tantular, Marabunta dll. Di sekitar Kota Lama dibangun kanal-kanal air yang keberadaanya masih bisa disaksikan hingga kini, meski tidak terawat.

Kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan sebuah blok kawasan yang terletak di tepi Sungai Mberok. Secara administrative, Kota Lama Semarang ini terletak di wilayah Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

( Mahdiyyatul Muna – Kader 21 )

Leave a Comment

Your email address will not be published.