PMII Rayon Ekonomi Adakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) 2021

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Rayon Ekonomi Komisariat UIN Walisongo menyelenggarakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) secara offline di MA Rohmaniyyah Menur, Mranggen, Demak. Acara ini berlangsung selama tiga hari pada hari Jum’at sampai Minggu tanggal 29 sampai 31 Oktober 2021. Dalam acara MAPABA ini mengusung tema “Menanamkan Pribadi Anggota Berintelektual dan Responsif berdasarkan Nilai-Nilai Pergerakan” dengan mengikuti aturan protokol kesehatan. Dalam MAPABA ini diikuti oleh sahabat/I 2021, 2020, dan 2019 serta dihadiri para demisioner angkatan 2018 dan para senior. Semarang, 29-31/10/2021

Pengurus PMII

Pembukaan acara MAPABA dimulai pukul 20.00 WIB di Masjid MA Rummaniyya yang dipandu tiga MC yaitu sahabat Abdullah Alwi, Sahabati Alfi Safira, dan Sahabati Rahma. Dalam pembukaan acara, terdapat pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh sahabat Rizqon Aulia Rahma. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PMII, dan Yalal Waton yang dipandu oleh sahabati Adila. Selanjutnya yaitu sambutan-sambutan dari sahabat Muhammad Eko Ramadhan selaku ketua panitia MAPABA, sahabat Ainun Naim selaku Ketua Rayon, Sahabat Zuhud selaku Ketua PMII Komisariat UIN Walisongo, dan Sahabat Wildan selaku perwakilan PMII Cabang Kota Semarang. Dalam sambutannya oleh sahabat Zuhud menyampaikan bahwa Rayon Ekonomi merupakan rayon yang memiliki peserta terbanyak MAPABA 2021 sebanyak 261 peserta. Kemudian diakhiri dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh sahabat Abdillah Nurul Bahri.

Setelah pembukaan MAPABA, para sahabat-sahabati 2021 mengikuti penyampaian materi di kelas masing-masing yang sebelumnya telah di bagi saat Technikal Meeting. Pembagian kelompok terdiri dari dua belas kelompok yaitu kelompok A sampai L. penyampaian materi dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Jum’at dan hari Sabtu. Materi MAPABA terdiri dari enam materi, yaitu PMII-Nilai Dasar Pergerakan, Aswaja, Sejarah Perjuangan Bangsa, Analisis sosial, Gender dan Kopri, dan Ekonomi yang disampaikan oleh para senior PMII Rayon Ekonomi. Pemberian materi bertujuan agar kader 2021 memahami tentang PMII serta dapat menyelesaikan permasalahan pada aspek apapun sebagai kader PMII. Setelah penyampaian materi setiap kelas mengadakan FGD (Forum Group Discussion) yang dipandu oleh tiap Penanggung Jawab kelas masing-masing. Setelah sesi penyampaian materi selesai, pukul 20.00 WIB para sahabat/I 2021 menampilkan pensi sesuai kelompok masing-masing dengan mengusung tema “Sumpah Pemuda”.

Pukul 23.30 WIB hari Sabtu, para sahabat/I 2021 dibangunkan untuk mengikuti serangkaian acara pembaiatan. Para sahabat/I dikumpulkan di Masjid untuk diberi bekal. Selanjutnya mereka berjalan dan dituntun dengan mata tertutup untuk diberi pertanyaan seputar materi yang telah mereka dapatkan. Diakhiri dengan pembaiatan yang dipandu oleh Sahabat Dimas selaku Pengurus PC PMII Kota Semarang. Acara pembaiatan berlangsung dengan sangat khidmat.

Acara Pembaiatan

Minggu pukul 09.00 sahabat/I mengikuti pengisian post test selama 30 menit di kelas masing-masing. Hal itu bertujuan untuk megukur kemampuan para kader tentang pemahaman materi yang telah mereka dapatkan.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan biro dan lembaga yang bertempat di Masjid MA Rohmaniyyah yang dipandu oleh sahabat Anis sebagai MC. Perkenalan biro dan lembaga disampaikan oleh masing-masing ketua, diantaranya yaitu sahabat Muhammad Eko Ramadhan sebagai ketua Biro Kaderisasi, Sahabat Dayat sebagai ketua Biro Bahasa, Sahabat Servano sebagai ketua Lembaga Kreatif Ekonomi, Sahabat Alan sebagai ketua Lembaga Sosial Agama dan Budaya, Sahabati Annisa sebagai ketua Lembaga Kajian dan Jurnalistik, dan Sahabati Tika sebagai ketua Lembaa Advokasi dan Gender. Acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang masing-masing biro dan lembaga kepada para sahabat/I 2021.

Kemudian disambung dengan pembagian mentor untuk para sahabat/I 2021 yang dipandu oleh sahabat Muhammad Eko Ramadhan selaku Ketua Biro Kaderisasi. Dalam pembagian mentor ini, para menti bersama mentornya melakukan perkenalan secara berkelompok agar saling mengenal. Selanjutnya yaitu pemilihan ketua angkatan Almapaba 2021. Sahabat Arkan Zahri terpilih menjadi ketua Almapaba 2021.

Penutupan MAPABA serta pemilihan angkatan 2021. Penutupan serta dimulai pukul 12.00 WIB di Masjid MA Rohmaniyyah yang dipandu oleh Sahabat Abdullah Alwi selaku MC. Sebelum penutupan, para sahabat/I menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PMII, dan Yalal Wathon yang dipandu oleh sahabat Zizi. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh sahabat Muhammad Eko Ramdhan selaku Ketua Panitia, Sahabat Ainun Naim selaku Ketua Rayon, dan sahabat Arkan Zahri selaku Ketua Almapaba 2021. Selanutnya acara ditutup dengan pembacaan doa oleh sahabat Abdillah Nurul Bakhri. Setelah penutupan para sahabat/I melakukan sesi foto bersama.

Acara foto bersama

Seperti tema MAPABA 2021 yang diusung yaitu “Menanamkan Pribadi Anggota Berintelektual dan Responsif berdasarkan Nilai-Nilai Pergerakan” diharapkan menjadi tonggak awal para sahabat/I dalam berproses di PMII Rayon Ekonomi. Selain itu adanya MAPABA para sahabat/I dapat lebih mengenal satu sama lain dan menumbuhkan jiwa kekeluargaan di dalamnya. (Anggun Puspitasari dan Efa Nur Kholisoh)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *