PMII Rayon Ekonomi UIN Walisongo Semarang mengadakan kunjungan langsung ke kantor suara merdeka Semarang

PMII Rayon Eknomi UIN Walisongo Semarang mengadakan kunjungan  ke kantor suara merdeka.com yang berada di Jl.Kawi Raya No.29, Semarang , Indonesia 50252.  Pada hari Senin, 27 Desember 2021 guna mempelajari tata cara penulisan berita online. Kunjungan  ini didampingi  langsung oleh koordinator Lembaga Kajian dan Jurnalistik yaitu Sahabati Annisa Shorea Pinanga. Ia berharap dengan adanya kunjungan ini dapat menambah skill para sahabat/i  dalam bidang jurnalistik khususnya berita.

Kunjungan Elkj disambut hangat oleh pimpinan redaksi suara merdeka.com Bapak Agus Toto.  Beliau mengatakan “Dalam membuat sebuah berita, suara merdeka tidak hanya memberikan berita atau hanya menggambarkan, tetapi juga memberikan sebuah makna di dalam berita”.

Banyak sekali ilmu yang didapatkan sahabat/sahabati PMII rayon ekonomi Walisongo setelah berkunjung ke kantor suara merdeka, yaitu antara lain mengetahui manfaat jurnalistik, bagaimana cara memperoleh berita, dan kode etika menjadi jurnalis yang baik. Selain itu, para kader mengetahui kaidah jurnalistik antara lain faktual, aktual, magnetuk, dan kedekatan geografis dan psikologis.

Cara memperoleh berita atau sumber berita yang sesuai dengan fakta yaitu dengan wawancara atau terjun langsung ke peristiwa.

Dengan adanya kegiatan kunjungan kepenulisan ini, kader PMII mendapat manfaat dan motivasi untuk menjadi jurnalis yang baik, yang memberikan solusi di setiap peristiwa, dan bukan  meperkeruh keadaan. ( Muna dan Widya )

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *