RESENSI: Year Of The Hyenas (Tahun Anjing Hyena)

Identitas buku

Judul buku : Year Of The Hyenas (Tahun Anjing Hyena)

Penulis : Brad Geagley

Tebal buku : 472 hlm, 20 cm

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : 2005

Tahun translate ke bahasa indonesia : 2015

Alih bahasa : Lanny Murtihardjana

Editor : Rini Nurul Badariah

Ilustrasi Sampul : Iwan Mangopang

ISBN : 978-602-03-1298-9

Blurb

Seorang pendeta wanita diduga dibunuh dengan keji. Rakyat mesir gempar, para pemimpin cemas. Karena pembunuhan terhadap pendeta akan membangkitkan amarah para Dewa.

Penyelidikan pun digelar, Semerket ditunjuk untuk menjadi penyidik. Namun, semerket sendiri bertanya-tanya kenapa pecundang seperti dirinya-pemabuk dan pengangguran yang masih mengejar-ngejar mantan istri dipilih untuk menyelidiki peristiwa langka seperti ini. Adakah penunjukan itu disengaja agar kasus tersebut takkan terpecahkan?

Namun rupanya para Dewa tidak tinggal diam. Semerket perlahan berhasil menyingkap misteri pembunuhan itu; bahkan perjalanan yang membawanya ke herem firaun, membongkar konspirasi besar mesir tahun 1153 SM; mengungkap fakta lain tentang kematian ramses III.

Review

Awal membaca novel ini saya mengalami kesulitan, saya harus beberapa kali membaca ulang dari awal, karena novel ini menggambarkan kehidupan zaman kuno dan juga letak tempat yang berada di mesir membuat saya sedikit kesulitan menggambarkan suasana yang ada pada saat itu. Selain itu nama-nama yang cukup asing juga istilah-istilah yang baru membuat saya harus mencari arti kata terlebih dahulu untuk melanjutkan cerita tersebut.

Saya kira dengan buku setebal ini akan hanya akan membahas satu kasus dengan beragam fakta yang ada, tapi nyatanya dalam novel fiksi ini tidak hanya mengungkap kematian Hetephras sang pendeta, namun juga berhasil mengungkap fakta lain tentang kematian Ramses III dan beberapa istilah ataupun adat yang belum saya ketahui sebelumya.

Salah satu bagian yang saya sukai yaitu ketika Hunro kehilangan seluruh permata-permata yang dimilikinya yang nantinya akan menjadi barang bukti untuk menjerat para pembuat makam, Hunro menuduh Khepura sebagai pencurinya. Khepura yang tak terima dengan tuduhan Hunro akhirnya mengeluarkan sumpah ” demi Dewa Amun, aku akan berbaring di kuburku kalau aku berbohong”. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut akhirnya dikelurkanlah orakel. Pada saat itu yang menjadi orakel adalah patung Amanhoteb-Firaun yang mendirikan desa yang mereka huni lebih dari tiga ratus tahun lalu. Kemudian ada enam orang yang ditunjuk untuk mengangkat patung tersebut. Patung tersebut dihadapkan kepada Hunro dan berkata ” bertindaklah, My Lord untuk mengembalikan barang-barangku yang hilang”. Untuk sesaat tidak terjadi apapun, kemudian para pengusung itu mulai berayun. Orang-orang yang berada di tempat itu tersentak, berusaha keras menghindari tatapan sang Dewa. Pergerakan tersebut cukup lama hingga patung itu doyong ke arah Khepura, namun pada saat yang sama patung itu bergeser menatap seseorang di samping Khepura. Para pengusungpun jatuh berlutut dan diam ditempat. Seseorang yang berada di samping khepura adalah Rami, putra Hunro. mengetahui Rami adalah pelakunya Honro menarik tuduhannya, namun sang Dewa telah menjatuhkan hukuman dan tuduhan itu masih berrlaku.

Semerket menjadi tokoh yang paling saya sukai dalam novel ini. Pendiriannya yang teguh, sifat tanggung jawab akan sebuah amanah yang diberikan serta keberanian dan kecerdasannya. kasih sayang dan kesetiannya terhadap pasangannya. Dengan segala sifat baik yang ada pada Semerket mampu memecahkan kasus yang ada.

Pesan yang saya tangkap dari novel Year Of The Hyenas bahwa sejauh apapun kamu menutupi suatu kejahatan, akan terungkap pada akhirnya entah itu dalam waktu singkat ataupun lama. Jangan pernah menilai apapun dari yang terlihat saja, seperti buku cover yang buruk belum tentu isi yang buruk pula. Seberat apapun rintangan yang ada jika itu sudah di amanahkan dan menjadi tanggung jawab, maka jalani dengan rasa ikhlas, karena suatu hal yang baik tentunya akan dipermudah oleh-Nya.

Untuk novel Year Of The Hyenas karya Brad Geagley saya merekomendasikan untuk 17+ keatas, karena pembahasannya yang sedikit sensitif dan bahasa yang agak berat.

Rating 8/10

Resensi oleh: Hana Zahro’k A

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *