Resmi dilantik, PMII Rayon Ekonomi gaungkan rekontruksi gerakan

Dalam rangka melanjutkan kaderisasi kepengurusan, PMII Rayon Ekonomi UIN Walisongo mengadakan Pelantikan dan Studium general yang bertempat di GSG NU Tugu, Semarang pada hari Rabu (20/07/2022).

Acara ini berlangsung secara meriah yang dihadiri oleh para pengurus, para pemateri hebat, senior PMII dan suatu kehormatan dihadiri oleh Pak saekhu selaku wakil dekan 3 yang menyempatkan hadir dalam acara pelantikan ini. Tak lupa acara ini juga disambut oleh penampilan dari PMIIKustik.

Dalam acara ini, mengangkat tema “Rekonstruksi Gerakan yang berintegrasi, produktif, kreatif dan inovatif. Tema tersebut bertujuan untuk Menggerakkan kader PMII Rayon Ekonomi agar memiliki jiwa yang optimis dalam berekspresi diri.

Sebelum memasuki sesi pelantikan, acara ini diawali dengan Studium Generale dimana terdapat 2 penyampaian materi. Penyampaian pertama disampaikan oleh Ketua IKA PMII Rayon Ekonomi UIN Walisongo Semarang, yaitu Sahabat Arif Faozan. Beliau menyampaikan bahwa kita sebagai mahasiswa harus tanggap segala perubahan.

” Mahasiswa sebagai Agent of change, dimana kita harus tanggap segala perubahan yang begitu cepatnya. Suatu organisasi jika ingin melakukan perubahan, maka harus lakukan perubahan dahulu dari SDM nya. Pada dasarnya semua orang memiliki potensi dalam diri masing – masing, jadi kita sebagai mahasiswa jangan rendah diri terhadap kemampuan kita. Kita harus percaya diri bahwa potensi kita dapat meningkatkan sofskill kita. Selain itu, sebagai mahasiswa juga harus mencerminkan perilaku yang baik sehingga akan menjadi contoh adik tingkatnya,”ujarnya.

Selanjutnya, Arif Faozan selaku pemateri menambahkan dalam kepengurusan 1 Tahun kedepan, kita sebagai pengurus tugasnya mengurus bukan diurus.

Terdapat 3 Point penting dalam kepengurusan organisasi yaitu Harus punya sikap yang baik, pendirian dan etika seperti slogan yang disampaikan bahwa Perilaku anda adalah cerminan baik bagi PMII.

Ditengah acara, Pak Saekhu selaku Wakil Dekan 2 memberikan sedikit motivasi kepada seluruh calon pengurus PMII Rayon Ekonomi UIN Walisongo Semarang, bahwasannya mahasiswa pergerakan itu tidak bisa dihentikan oleh siapapun seperti halnya pergerakan pada masa Budi Utomo. Point penting menjadi seorang mahasiswa itu memiliki nilai ideologi yang masih kuat dan suci, memiliki kekuatan yang melebihi dari siapapun dan berani berekspresi diri.

Acara dilanjut dengan penyampaian materi kedua yang disampaikan oleh Sahabat M.Fatchurrohman selaku Sekretaris PD MES Kendal. Beliau membahas mengenai “Peran Millenial Berwawasan Digital dalam Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM yang Berkelanjutan”. Dalam hal ini beliau menyampaikan mengenai perkembangan industri di Indonesia dalam era 4.0, yang ditandai dengan serba digitalisasi, teknologi dan otomasi. Dalam era 4.0 ini penggunaan internet di Indonesia meningkat secara signifikan.

 Beliau memaparkan beberapa Peran pemuda dalam era ini menjadi Agent of change atau agen perubahan yang ditandai dengan :

– Pemuda yang menjadi agen of change atau agen perubahan memiliki banyak potensi dan energi, dimana mereka harus selalu optimis atas kemauan dan kemampuan mereka agar menjadi perubahan yang bergerak.

– Pemuda mendominasi dalam industri startup, sehingga dapat meningkatkan potensi pemanfaatan digitalisasi.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Demisioner Ketua PMII Rayon Ekonomi dimana beliau menyampaikan selamat atas suksesnya pelantikan dan stadium general kepengurusan Rayon Ekonomi periode 2022, diharapkan kepengurusan ini dapat berkontribusi secara hikmat.

Dan dilanjut oleh ketua PMII Rayon Ekonomi terpilih yaitu sahabat Iqbal Alaik. Beliau menyampaikan terima kasih kepada alumni PMII Rayon Ekonomi maupun calon pengurus  PMII Rayon Ekonomi yang sudah membersamai pelantikan malam hari ini.

” Harapannya pelantikan malam ini mampu memaksimalkan kepengurusan agar lebih produktif, kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Puncak acara yaitu malam pelantikan dimana semua calon pengurus akan diembankan suatu amanah besar untuk mengabdi dan mengurus PMII Rayon Ekonomi UIN Walisongo Semarang. Dimana mereka disumpah untuk bertanggung jawab dalam kepengurusan pada periode 2022-2023. ( Refi dan Resa )

Leave a Comment

Your email address will not be published.