Strategi Membangkitkan Perekonomian Nasional Pasca Covid-19

Pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020 menjadi permasalahan terbesar yang memengaruhi sistem perekonomian nasional sampai saat ini. Terbukti dengan penurunan perekonomian nasional pada dua kuartal di tahun 2020. Pada kuartal pertama mengalami pelemahan mencapai 2,97% dan pada kuartal kedua menunjukan kemunduran yang sangat besar yaitu mencapai -5,32%.

Sebagian besar sektor mengalami pertumbuhan negatif, seperti Industri transportasi. Akan tetapi ada beberapa sektor yang masih mengalami pertumbuhan positif, seperti sektor informasi dan komunikasi, jasa keuangan, pertanian, jasa pendidikan, real estate, jasa kesehatan, dan pengadaan air.

Berdasarkan perkiraan pada tahun 2021 ekonomi Indonesia akan kembali tumbuh pada angka 5,3%. Maka dengan data-data yang sudah saya analisis diatas harus ada kebijakan dari pemerintah dan inovasi-inovasi dari masyarakat yang mampu mengatasi perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19, demi mencapai ekspektasi kembali normalnya pertumbuhan perekonomian nasional.

Di masa sekarang yang mana penyebaran vaksin untuk menanggulangi bencana pandemi Covid-19 sudah cukup merata, saya rasa ketergantungan terhadap pemerintah perlu dikurangi dan bantuan yang diberikan pemerintah pun dapat lebih berfokus pada manfaat jangka panjang.

Oleh karena itu, menurut saya ada dua strategi yang mampu membangkitkan perekonomian nasional pasca Pandemi Covid-19. Dengan pemerintah yang melakukan kebijakan penyesuaian alokasi anggaran kepada hal-hal yang memberikan manfaat pada jangka panjang. Contohnya investasi pada proyek jangka panjang seperti infrastruktur dan pendidikan.

Dan strategi untuk masyarakat adalah membut ekonomi kreatif yaitu konsep ekonomi yang mengandalkan ide dan pengetahuan dari SDM sebagai faktor produksi utama. Seperti contohnya korek api yang diberi cover logi PMII atau pendiri PMII, yang dibuat oleh Lembaga Ekonomi Kreatif PMII Rayon Ekonomi Komisariat UIN Walisongo Semarang.

Penulis: Abdi Maulana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *