Waspada Bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang Mengandung Unsur Money Game

Belakangan ini masyarakat umum banyak yang tergiur akan bisnis yang bernama Multi Level Marketing (MLM). Bisnis berbentuk MLM sangat menggiurkan bagi masyarakat karena cukup menjanjikan. Oleh karena itu tidak heran jika di Indonesia pertumbuhan bisnis ini sangat pesat.

MLM adalah suatu metode penjualan barang secara langsung pada pelanggan melalui jaringan yang dikembangkan oleh distributor. Pendapatan didapatkan melalui laba penjualan eceran maupun grosir serta ditambah dengan pembayaran atas penjualan total kelompok yang dibentuk oleh distributor.

Awal mula berkembangnya MLM dimulai pada tahun 1940-an di Amerika Serikat. Bisnis ini sangat menggiurkan bagi masyarakat karena dalam waktu yang relatif singkat anggota akan mendapatkan keuntungan hingga 700% dalam setahun atau 40-60% dalam sebulan. Oleh sebab itu MLM sangat menjanjikan dengan keuntungan yang didapatkan melebihi bunga deposito perbankan per tahun.

Karena keuntungan yang tergolong besar dengan usaha yang mudah, sebagian dari umat muslim ikut mengambil bagian. Akan tetapi dikhawatirkan masyarakat muslim di Indonesia belum sepenuhnya paham akan konsep MLM yang murni dan dapat terjebak dalam bisnis Money Game (MG). Dalam islam money game dapat dikategorikan sebagai maisir (judi). MG juga tidak membuka peluang penghasilan yang rata dan adil. Berbeda dengan bisnis MLM yang menjual produk secara langsung. Money game sendiri cukup merugikan karena biaya pendaftaran yang cukup mahal.

Ciri-ciri bisnis yang berpotensi mengandung Money Game adalah menggunakan sistem binary (piramida), tidak menjual produk kalaupun ada harganya tidak realistis, hadiah atau imbalannya ada yang berupa haji/umroh dan uang yang jauh lebih besar, biaya pendaftaran tinggi, bonus dibayarkan apabila ada perekrutan, produk yang dijual bersifat fiktif atau hanya sebagai kedok berkualitas dan harga menjadi pertanyaan, serta tidak ada buy back guarantee karena tidak ada surat izin usaha penjualan langsung yang diatur dalam Permendagri No. 32/M-DAG/PER/8/2008.

Contoh bisnis MLM yang mengandung money game dan cukup menjadi sorotan saat ini adalah TikTok Cash. Aplikasi ini menggunakan skema ponzi dan berlabel investasi. Skema ponzi adalah modus investasi palsu yang menawarkan keuntungan kepada investor melalui uang mereka sendiri maupun uang yang telah dibayarkan oleh investor berikutnya, keuntungan bukan didapat melalui individu atau organisasi yang menjalankan, melainkan pengguna harus menjalankan beragam tugas yang disediakan setiap harinya, mulai dari follow akun, like dan menonton video TikTok, kemudian meng-capture hasil tugas untuk mendapatkan uang tersebut. Semakin banyak tugas yang diselesaikan per hari maka semakin banyak pula uang yang akan didapatkan oleh pengguna. Aplikasi ini tidak memiliki izin legal dari OJK. Selain TikTok Cash ada juga Vtube (PT. Future View Tech). Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan TikTok Cash. Satgas Waspada Investasi (SWI) telah menetapkan Vtube sebagai kegiatan usaha yang dilarang pada Juni 2020 lalu.

Untuk itu money game perlu diwaspadai karena mengandung unsur-unsur yang bertentangan dalam ekonomi islam diantaranya; maisir (judi), gharar (ketidakjelasan), riba, maksiat, ghibn (mark up), ighra’ atau merayu dan menjanjikan sesuatu yang berlebihan, kadzib (bohong), dan dzulm atau menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya.

Landasan Al-Quran yang menjelaskan tentang perintah jual beli sudah tertera dalam QS. Al-Baqarah ayat 275 dan 282 serta Al-Jumuah ayat 10. Oleh karena itu perlu diketahui prinsip-prinsip bisnis MLM yang betul-betul perusahaan MLM. Adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut; biasanya biaya pendaftaran tidak terlalu mahal, ada produk atau jasa yang dipertanggungjawabkan, semua anggota level atas atau bawah memiliki peluang yang sama, penentu keberhasilan berdasarkan penjualan produk dan jaringan, terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia) serta produk bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan anggota.

Referensi

Arum, Imam Mas. Multi Level Marketing (MLM) Syariah: Solusi Praktik Bisnis Riba, Money Game. Jurnal Muqtasid. Vol. 3 No. 1, Juli 2012.

https://kumparan.com/kumparantech/waspada-penipuan-tiktok-cash-bisa-dapat-uang-dari-nonton-dan-like-video-1v6t3iAId50

Penulis : Khayati

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *